Senin, 13 Juli 2020

KI , KD DAN RENCANA PENILAIAN MATA PELAJARAN IPA KELAS 7



Materi IPA Kelas 7 Kamis, 15 Juli 2021

ANALISIS  KOMPETENSI DASAR

 

NAMA SEKOLAH           :    SMP Negeri 1 Mertoyudan

MATA PELAJARAN       :    IPA

KELAS                               :   VII


  


Kompetensi Inti :

1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata

4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori

 


NO

KOMPETENSI DASAR/MATERI

KELAS  VII

SEMESTER

1

2

1

A.    Objek IPA dan pengamatannya

3.1  Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.

4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

 

B.     Klasifikasi Makhluk Hidup

3.2  Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2  Menyajikan hasil pengklasIfikasia makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

 

C.    Klasifikasi Materi dan Perubahannya

3.3  Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

4.3  Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

 

D.    Suhu dan Perubahannya

3.4  Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.

1.4  Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.

 

E.     Kalor dan Perpindahannya

3.4  Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.

4.4  Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud bendaserta perpindahan kalor

 

F.     Energi dalam Sistem Kehidupan

3.5  Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5  Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

 

 

 

2

G.    Sistem Organisasi Kehidupan

3.6  Menganalisis sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel

4.6  Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

 

 

H.    Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

3.7  Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi

4.7  Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

 

I.       Pencemaran Lingkungan

3.8  Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

4.8  Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan

 

J.      Pemanasan Global

3.9        Menganalisis perubahan  iklim dan dampaknya bagi  ekosistem

4.9  Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim

 

 

K.    Struktur Bumi dan Dinamikanya

 

3.10  Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya.

4.10  Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya

 

 

L.     Tata Surya

 

3.11  Menganalisis sistem tata surya,rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

4.11  Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

 

 TUGAS : setelah kamu baca dengan cermat materi di atas , maka;

TULISKAN DI  BUKU CATATANMU MATERI  IPA SEMSERTER 1 DAN 2 (yang dicetak tebal) !


RENCANA PENILAIAN DAN PERBAIKAN

MATA PELAJARAN IPA

KELAS VII TAHUN PELAJARAN  2021/2022

 

SEMESTER GASAL

 

No.

KD/BAB

KKM

Teknik Penilaian

Bentuk Penilain

Norma Penilaian

Persentase Kontribusi ke Nilai KD

PERBAIKAN

Teknik Penilaian

Bentuk

Norma Penilaian

   1

3.1 Objek IPA dan Pengamatanya

75

Tes Tertulis

Pilihan Ganda , uraian dan penugasan

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Tes Tertulis

Uraian

 

 

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Tes Praktik

Unjuk kerja, Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Tes Praktik

Unjuk Kerja, Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Non tes

Angket Observasi perilaku/ penilaian diri/ penilaian antar teman

Rekapitulasi jurnal  guru( Jurnal perkembangan sikap siswa)

100

 

 

 

2

3.2 Klasifikasi Makhluk Hidup

75

Tes Tertulis

Pilihan Ganda dan penugasan

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

 

Tes Tertulis

Pilihan Ganda

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

 Praktik

 

Tugas Proyek

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Praktik

Tugas Proyek

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Non tes

Angket Observasi  perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman

Rekapitulasi jurnal guru

100

 

 

 

3

3.3 Klasifikasi Materi dan Perubahanya

75

Tes Tertulis

Pilihan Ganda dan penugasan

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Tes Tertulis

Pilihan Ganda

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Praktik

Unjuk kerja

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Praktik

Unjuk kerja

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

 

 

Non Tes

Observasi  perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman

Rekapitulasi jurnal guru

100

 

 

 

 

  4

3.4 Suhu dan Perubahanya

75

Tes tertulis, Penugasan

Pilihan Ganda, uraian dan penugasan

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Tes Tertulis

Pilihan Ganda

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Praktik

Unjuk Kerja, Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

 Praktik

Unjuk Kerja , Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Non Tes

Angket Observasi  perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman

Rekapitulasi jurnal guru

100

 

 

 

3.5 Kalor dan Perpindahanya

75

Tes tertulis, Penugasan

Pilihan Ganda, uraian dan penugasan

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Tes Praktik

Uji petik kerja prosedur

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Praktik

Unjuk Kerja, Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

 

 

 

 

Non Tes

Angket Observasi  perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman

Rekapitulasi jurnal guru

100

 

 

 

3.6 Energi dan Perubahanya

75

Tes tertulis, Penugasan

Pilihan Ganda

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

100

 

Tes tertulis

Pilihan Ganda

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Praktik

Unjuk Kerja, Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

100

Praktik

Unjuk Kerja, Produk

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

 

Non Tes

Angket Observasi  perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman

Rekapitulasi jurnal guru

 

 

 

 

 

No.

Kegiatan Ulangan

Jenis

Bentuk

Pedoman Penilaian

Cakupan Materi

Keterangan

6        

PENIALAIAN  TENGAH SEMESTER

Tes Tertulis

Pilihan Ganda, menjodohkan, isian singkat, uraian

(Skor yang diperoleh : Skor maksimal) x 100

Meliputi KD 3.1 sampai KD 3.3  dalam semester dimaksud sampai dengan ulangan diadakan.

 

7        

PENIALAIAN  AKHIR SEMESTER

Tes Tertulis

Pilihan Ganda, menjodohkan, isian singkat, uraian

(Mengikuti Norma dari Soal Kabupaten)

Semua KD dalam semester dimaksud.

 

 

Keterangan

1.    1. Nilai rapor tengah semester adalah nilai rerata KD 3.1 s.d. KD 3.3 dan nilai ulangan tengah semester

2.  2.  Nilai rapor adalah rerata nilai KD/ ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.



                                                                                       

 


4 komentar:

  1. Pengetahuan tentang IPA objek IPA dan pengamatan pengetahuan IPA tentang alat ukur makhluk hidup suhu kalor dan masih banyak sekali pengetahuan ipa

    BalasHapus
  2. Pengetahuan IPA tentang objek dan pengamatan

    BalasHapus
  3. Mahya Rida Citrahayi (7C-20)
    Baik Bu, sudah saya catat

    BalasHapus

KD 3.11/BAB 6 TATA SURYA

  Materi IPA hari Kamis, 19 Mei 2021 1.  Sistem Tata Surya  Tata surya adalah  susunan benda-benda lagit yang terdiri atas matahari sebagai ...