Materi IPA Kelas 7 Kamis, 15 Juli 2021
ANALISIS KOMPETENSI
DASAR
NAMA SEKOLAH : SMP Negeri 1 Mertoyudan
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : VII
Kompetensi Inti :
|
NO |
KOMPETENSI
DASAR/MATERI |
KELAS VII |
|
SEMESTER |
|||
1 |
2 |
||
1 |
A. Objek IPA dan
pengamatannya |
||
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran yang ada pada diri sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan
satuan standar (baku) dalam pengukuran. 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran
dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku |
√ |
|
|
B. Klasifikasi Makhluk Hidup |
|||
3.2 Mengklasififikasi makhluk Hidup
dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati 4.2 Menyajikan hasil pengklasIfikasia makhluk hidup dan benda di
lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati |
√ |
|
|
C. Klasifikasi Materi dan
Perubahannya |
|||
3.3
Menjelaskan
konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika
dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari 4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau
karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau
pemisahan campuran |
√ |
|
|
D. Suhu dan Perubahannya |
|||
3.4
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan. 1.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor. |
√ |
|
|
E. Kalor dan Perpindahannya |
|||
3.4
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan. 4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud bendaserta perpindahan kalor |
√ |
|
|
F. Energi dalam Sistem
Kehidupan |
|||
3.5
Menganalisis
konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis 4.5
Menyajikan hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
√ |
|
|
2 |
G. Sistem Organisasi
Kehidupan |
||
3.6 Menganalisis sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel 4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
|
√ |
|
H. Interaksi Makhluk
Hidup dengan Lingkungannya |
|||
3.7
Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi 4.7
Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya |
|
√ |
|
I. Pencemaran Lingkungan |
|||
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan
dampaknya bagi ekosistem 4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah
pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan |
|
√ |
|
J. Pemanasan Global |
|||
3.9
Menganalisis
perubahan iklim dan dampaknya
bagi ekosistem 4.9 Membuat tulisan tentang
gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim |
|
√ |
|
|
K. Struktur Bumi dan
Dinamikanya |
||
|
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan
pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman
bencana di daerahnya. 4.10 Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam
serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan
jenis ancaman bencana di daerahnya |
|
√ |
|
L. Tata Surya |
||
|
3.11 Menganalisis sistem tata surya,rotasi dan revolusi bumi dan bulan,
serta dampaknya bagi kehidupan di bumi 4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan
bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran
berbagai sumber informasi |
|
√ |
TUGAS : setelah kamu baca dengan cermat materi di atas , maka;
TULISKAN DI BUKU CATATANMU MATERI IPA SEMSERTER 1 DAN 2 (yang dicetak tebal) !
RENCANA PENILAIAN DAN PERBAIKAN
MATA PELAJARAN IPA
KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2021/2022
SEMESTER GASAL
No. |
KD/BAB |
KKM |
Teknik Penilaian |
Bentuk Penilain |
Norma Penilaian |
Persentase
Kontribusi ke Nilai KD |
PERBAIKAN |
||
Teknik Penilaian |
Bentuk |
Norma Penilaian |
|||||||
1 |
3.1 Objek IPA dan Pengamatanya |
75 |
Tes Tertulis |
Pilihan Ganda ,
uraian dan penugasan |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Tes
Tertulis |
Uraian
|
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
|
Tes Praktik |
Unjuk kerja, Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Tes Praktik |
Unjuk Kerja, Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
||
|
Non tes |
Angket Observasi perilaku/ penilaian diri/ penilaian antar
teman |
Rekapitulasi jurnal
guru( Jurnal perkembangan sikap siswa) |
100 |
|
|
|
||
2 |
3.2 Klasifikasi Makhluk Hidup |
75 |
Tes Tertulis |
Pilihan Ganda dan penugasan |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100
|
Tes
Tertulis |
Pilihan
Ganda |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
|
Praktik
|
Tugas Proyek |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Praktik |
Tugas Proyek |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
||
|
Non tes |
Angket Observasi
perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman |
Rekapitulasi jurnal
guru |
100 |
|
|
|
||
3 |
3.3 Klasifikasi Materi dan Perubahanya |
75 |
Tes Tertulis |
Pilihan Ganda dan penugasan |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Tes Tertulis |
Pilihan Ganda |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
|
Praktik |
Unjuk kerja |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Praktik |
Unjuk kerja |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
||
|
|
|
Non Tes |
Observasi
perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman |
Rekapitulasi jurnal
guru |
100 |
|
|
|
4 |
3.4 Suhu dan
Perubahanya |
75 |
Tes tertulis,
Penugasan |
Pilihan Ganda, uraian dan penugasan |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Tes
Tertulis |
Pilihan Ganda |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
|
Praktik |
Unjuk Kerja, Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Praktik |
Unjuk Kerja ,
Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
||
|
Non Tes |
Angket Observasi
perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman |
Rekapitulasi jurnal
guru |
100 |
|
|
|
||
3.5 Kalor dan Perpindahanya |
75 |
Tes tertulis,
Penugasan |
Pilihan Ganda, uraian dan penugasan |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Tes Praktik |
Uji petik kerja prosedur |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
|
|
Praktik |
Unjuk Kerja, Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
|
|
|
||
|
Non Tes |
Angket Observasi
perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman |
Rekapitulasi jurnal
guru |
100 |
|
|
|
||
3.6 Energi dan
Perubahanya |
75 |
Tes tertulis, Penugasan |
Pilihan Ganda |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100
|
Tes tertulis |
Pilihan Ganda |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
|
|
Praktik |
Unjuk Kerja, Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
100 |
Praktik |
Unjuk Kerja, Produk |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
||
|
Non Tes |
Angket Observasi
perilaku /penilaian diri/penilaian antar teman |
Rekapitulasi jurnal
guru |
|
|
|
|
No. |
Kegiatan Ulangan |
Jenis |
Bentuk |
Pedoman Penilaian |
Cakupan Materi |
Keterangan |
6 |
PENIALAIAN TENGAH SEMESTER |
Tes
Tertulis |
Pilihan
Ganda, menjodohkan, isian singkat, uraian |
(Skor yang
diperoleh : Skor maksimal) x 100 |
Meliputi
KD 3.1 sampai KD 3.3
dalam semester dimaksud
sampai dengan ulangan diadakan. |
|
7 |
PENIALAIAN AKHIR SEMESTER |
Tes
Tertulis |
Pilihan
Ganda, menjodohkan, isian singkat, uraian |
(Mengikuti Norma
dari Soal Kabupaten) |
Semua
KD dalam semester dimaksud. |
|
Keterangan
1. 1. Nilai rapor tengah semester adalah nilai rerata KD 3.1 s.d. KD 3.3 dan nilai ulangan tengah semester
2. 2. Nilai rapor adalah rerata nilai KD/ ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.
Pengetahuan tentang IPA objek IPA dan pengamatan pengetahuan IPA tentang alat ukur makhluk hidup suhu kalor dan masih banyak sekali pengetahuan ipa
BalasHapusPengetahuan IPA tentang objek dan pengamatan
BalasHapusYa bu
BalasHapusMahya Rida Citrahayi (7C-20)
BalasHapusBaik Bu, sudah saya catat